Jumat, 01 September 2017

SHOLAT RAYA IDUL ADHA DI KUALA LUMPUR

asyik liburan.

Setelah sekitar 3 tahun tidak jalan jalan keluar negeri lagi, saya membuat planning untuk travelling ke 2 negara yaitu Malaysia dan Thailnad.


Setelah mengambil cuti sebulan lalu, dan kebetulan liburan idul adha jatuh pada tanggal 1 september 2017 hari Jumat, saya mengajukan cuti untuk tangga 4 dan 5 September 2017. 





Tanggal  31 Agustus 2017 malam saya berangkat menggunakan Batik air dari Jakarta menuju Kuala lumpur. negara pertama kuala lumpur karena memang niat untuk melakukan sholat Idul adha di negeri jiran ini. dengan tiket promo dari hasil pencarian di Traveloka tIket jakarta - Kl hanya sekitar  Rp 530.000 , saya juga booking hotel di Kuala lumpur nginap di 99 Hotel dengan budget 2.65.000. oh ya mulai 1 september 2017 setiap tamu hotel di Kuala lumpur dikenalan tax 10 ringgit per malam un. Ya saya jadi adalah orang pertama tax ini diberlakukan karena saya datang pada jam tengah malam tepat jam 12.00 yang kalau tanggalan udah 1 september 2017.



Oh ya untuk Deposit hotel kita harus siapkan minimal 50 ringgit, dimana kalau kita sudah check out bisa di ambil kembali. 


Besoknya, meskipun masih ngatuk tapi niat untuk sholat idul adha di malaysia membuat saya bersemangat. Sekitar jam 6.30 waktu malaysia saya berangkat menuju mesjid Jamek yang hanya berjarak 0,5 Km dari Hotel. kami pun melakukan jalan kaki, dimana jam segini malaysia mataharinya belum nampak, suasana masih gelap. jalanan masih sepi seperti tidak ada aktivitas kota, beda sekali dengan jakarta , meskipun jam 5 pagi aktivitas kota Jakarta sudah di mulai. 


Sesampai di Mesjid jamek saya juga agak heran karena mesjid masih kosong hanya ada beberapa orang, dan benerapa orang itu juga para wisatawan dari Indonesia  yang sama sama ingin sholat disana. Kami pun bingung karena tidak ada gema takbir yang berkumandang di mesjid, sempat juga berperasangka jangan-jangan tidak ada sholat raya idul adha di mesjid ini. Setelah bertanya tanya kepada orang setempat, ternyata sholat akan dimulai jam 8 pagi waktu Kuala lumpur. mengenai gema takbir memang tidak dilakukan dari pagi seperti di Indonesia, karena itu hanya tradisi, mereka akan melakukan takbir waktu mejelang sholat raya, yaitu sekitar 30 - 1 jam mendekati sholat hari raya, dan benar tepat sekitar jam 8 baru mesjid penuh di datangi orang orang yang mau menunaikan sholat. Dan setelah orang banyak berkumpul baru takbir di kumandangkan saling sahut menyahut, dan sekitar jam 9 baru sholat idul adha di laksanakan. 





oh ya meskipun sudah di ingatkan oleh panitia sholat idul adha kalau setelah sholat ada kutbah / ceramah idul adha tapi banyak para jemaah yang keluar dari mesjid setelah sholat. Tentu ini membuat saya bingung, karena tidak akan pernah kita temui di Indonesia orang yang meninggalkan mesjid sebelum selesai kutbah hari raya. tapi ini kuala lumpur yang tentunya berbagai etnis disini dan suku bangsa disini. Dan tentunya banyak tradisi sholat idul adha yang berbeda-beda. 





Oh ya selamat Idul adha semua. mohon maaf lahir batin, kita lanjut cerita di bagian 2 ya.